Minggu, 17 Oktober 2010

Kecerdasan Buatan - Semantic, Frame, Script pada Game PyroMaster

Jaringan Semantic 
  • Dibangun oleh M.R.Quillian, sebagai model memori manusia.
  • Representasi grafis dari informasi Propositional.
  •  Proposisi adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah. 
  • Disajikan dalam bentuk graf berarah
  • Node merepresentasikan konsep, objek atau situasi :
    • Label ditunjukkan melalui penamaan.
      Node dapat berupa objek tunggal atau kelas
  • Links merepresentasikan suatu hubungan :
    • Links adalah struktur dasar untuk pengorganisasian pengetahuan


    Disini kami mengimplementasikan jaringan semantik pada games pyromaster yang telah kami jelaskan pada penulisan sebelumnya, adapun tampilan jaringan semantiknya adalah sebagai berikut :
 
  • Tipe link : 
    • IS-A (ISA) berarti “contoh dari” dan merupakan anggota tertentu dari kelas.
    • A KIND OF (AKO) berarti “jenis dari” dan merelasikan antara suatu kelas dengan kelas lainnya. AKO merelasikan kelas individu ke kelas induk dari kelas-kelas dimana individu tersebut merupakan kelas anak.HAS-A berarti “mempunyai” yang merelasikan suatu kelas menjadi subkelas. 
    • HAS-A berlawanan dengan AKO dan sering digunakan untuk merelasikan suatu objek ke bagian dari objek.



Frame



Frame (Minsky, 1975) dipandangsebagaistrukturdata static yang digunakan untuk merepsentasikan situasi situas iyang telah dipahami dan stereotype. Frame digunakan untuk merepresentasikan pengetahuan stereo type atau pengetahuan yang didasarkan kepada karakteristik yang sudah dikenal yang merupakan pengalaman masalalu. Frame berupa kumpulan slot-slot (representasi entitas sebagai struktru objek) yang merupakan atribut untuk mendeskrip sikan pengetahuan berupa kejadian, lokasi, situasi ataupun elemen-elemenlain. Frame digunakan untuk representasi pengetahuan deklaratif.

Inilah frame dari permainan pyromaster yang kami buat :







Script

Script (Schank& Abelson, Yale univ) merupakan representasi terstruktur yang menggambarkan urutan stereotip dari kejadian-kejadian dalam sebuah kontek skhusus. Script mirip dengan frame, perbedaannya : Frame menggambarkan objek, sedangkan Script menggambarkan urutan peristiwa. Dalam menggambarkan urutan peristiwa, script menggunakan serangkaian slot yang berisi informasi tentang orang, objek dan tindakan-tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa.

Elemenscript yang tipikal:
  • Kondisimasukan: menggambarkansituasiyang harusdipenuhisebelumterjadisuatuperistiwayang adadalamscript. 
  • Prop : mengacukepadaobjekyang digunakandalamurutanperistiwayang terjadi. 
  • Role : mengacukepadaorang-orangyang terlibatdalamscript. 
  • Hasil: kondisiyang adasesudahperistiwadalamscript berlangsung. 
  • Track : mengacukepadavariasiyang mungkinterjadidalamscript tertentu. 
  • Scene : menggambarkan urutan peristiwa aktural yang terjadi.
Disini kami mengimplemeatsikanya dengan langkah memulai bermain pyromaster seperti dibawah ini :


Bermain Pyromaster
Jalur                 : bermain games
Peran               : pemain, computer
Pendukung      : perangkat komputer, keyboard, mouse
Kondisi masuk : pemain mengakses games- pemain bermain.

Adegan 1  : Masuk
·        Pemain menyalakan komputer
·        Pemain membuka games
·        Menunggu loading

Adegan 2 :  Memilih menu
·        Pemain memilih pilihan play more games untuk memilih permainan jenis lain
·        Pemain memilih option untuk menseting grafis, suara, dan music
·        Pemian memilih istrucsion untuk pemebritahuan element pada games
·        Pemian memilih play game untuk memulai permainan
·        Computer memunculkan tampilan untuk menseting level, victory, player, com AI, tombol Back, tombol Start

Adegan 3 : Memulai permainan
·        Pemain bermain permainan pyromaster
·        Pemain menang
·        Pemain kalah
·        Pemain memilih bermain
·        Pemain berhenti

Adegan 4 : Selesai
·        Pemain keluar dari games
·        Pemain mematikan computer

Hasil
·        Pemain merasa senang
·        Pemain merasa kecewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar